Sabtu, 04 Oktober 2014

Apa itu Anestesi



Kalo kalian googling, pasti kalian dapetnya kurang lebih kayak gini: 
 
Anestesi atau pembiusan adalah pengurangan atau penghilangan sensasi untuk sementara, sehingga operasi atau prosedur lain yang menyakitkan dapat dilakukan.

Ada dua jenis anestesi:
  • umum, yang membuat pasien tak sadar
  • lokal, yang membuat mati rasa bagian tubuh yang akan diambil tindakan.
Tidur yang diinduksi anestesi tidak sama dengan tidur biasa, tetapi suatu bentuk ketidaksadaran sementara yang secara hati-hati dikendalikan oleh dokter anestesi. Setiap jenis operasi membutuhkan pengelolaan jumlah yang tepat dari anestesi. Sepanjang prosedur, berbagai jenis obat-obatan ditambahkan atau dihapus untuk mengurangi rasa sakit dan mempertahankan tingkat ketidaksadaran yang tepat.
Tapi kalau kalian terlalu pintar untuk memahami penjelasan di atas, gini aja, kalian punya keluarga, kerabat, teman, kenalan atau bahkan kalian sendiri yang pernah operasi? Atau mungkin kalian sering nonton sinetron yang set nya di ruang operasi atau adegannya adalah tindakan operasi? Kalau iya, pasti kalian tau kan kalau pasien yang sedang operasi itu banyak selangnya dari sana sini yang masuknya ke mulut pasien? Nah itu salah satu tugas dari Anestesi buat pasang semua itu.
Demo pembiusan pada manequin
Anestesi itu kerjanya ngebius, menghilangkan rasa sakit pasien kalau sedang operasi, mengantarkan pasien ke alam mimpi yang indah, padahal dia gak tau kalau perut atau kepalanya lagi di ubek ubek sama dokter bedah wkwk. Meskipun pasien dibius tapi pasien tetep napas kok, makanya kita pasang selang-selang dengan segala prosedurnya dengan tujuan melancarkan jalan napas si pasien. Gituu, udah ngerti? belum? masalah lo ya haha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar